Biologi Kelas XI IPA hari kamis 17 November 2022 berada di jam terakhir (9-10) yaitu pukul 13.30 s/d 14.40 WIB. Sekali lagi tantangan tersendiri bagi kami guru saat berada di jam terakhir, dimana harus tatap transfer ilmu dengan kondisi psikis dan fisik peserta didik yang sudah lelah.
Hari ini pertemuan kedua di Materi SISTEM PEREDARAN DARAH dengan submateri ALAT-ALAT PEREDARAN DARAH. Kali ini saya menyiapkan media belajar Lembar kerja (LK) dan peserta didik meyiapkan Buku Pegangan secara mandiri. Adapun alat bahan yang saya gunakan sebagaimana biasa yaitu papan tulis dan spidol ditambah poster system peredaran darah dan torso jantung.
Jujur saja, saya termasuk pribadi yang kurang tertib administrasi, saya menyiapkan RPP materi SISTEM PEREDARAN DARAH namun hanya untuk satu pertemuan sehingga di pertemuan kedua ini rencana pembelajaran hanya berupa catatan kecil di benak. Heheheheee….
Sebagaimana biasa, saya mengawali pembelajaran dengan salam dan membaca surat Alfatihah, dilanjutkan mengabsen. Kemudian saya mengapersepsi peserta didik dengan menanyakan submateri sebelumnya tentang KOMPONEN DARAH, Alhamdulillah hampir seluruh peserta didik dapat menjawab dengan baik, sehingga saya berasumsi anak-anak bersemangat belajar. Kemudian saya meyampaikan tujuan dan teknik pembelajaran yang akan digunakan.
Memasuki kegiatan inti di pertemuan kali ini saya sedikit memanjakan peserta didik dengan belajar menggunakan model STAD. Sebelumnya saya meminta peserta didik berkelompok sebagaimana biasa, selanjutnya saya membagikan LK kepada seluruh kelompok untuk dikerjakan.
Harapannya dalam kelompok terjadi proses literasi, terjalin komunikasi dan kekreatifan berpikir seluruh anggota kelompok. Alhamdulillah dari seluruh kelompok hanya satu dua peserta didik dalam kelompok yang kurang terlibat aktif.
Dalam kelompok peserta didik bersama-sama mengerjakan LK menggunakan buku pegangan Biologi dan disediakan media torso jantung dan poster system peredaran darah. Terjadi kolaborasi,, literasi, berpikir kreatif antar peserta didik dalam satu kelompok. Setelah 20 menit saya meminta peserta didik mengakhiri kegiatan diskusi kelompok, selesai atau belum selesai pengerjaan LK.
Selanjutnya saya mengkonfirmasi sub materi ALAT-ALAT PEREDARAN DARAH dilanjutkan evaluasi melalui pertanyaan-pertanyaan tentang sub materi. Alhamdulillah hampir seluruh peserta didik dapat menjawab dengan baik.
Demikian pengalaman saya hari ini di kelas XI IPA. Tulisan ini sekedar untuk berbagi dan mengenang bahwa saya di submateri ini melaksanakan pembelajaran menggunakan model ini (STAD) dengan segala pernik-perniknya.


